Kamis, 18 April 2013

Kenapa Baterai Smartphone Anda Cepat Habis

Baterai Smartphone Anda cepat habis walau tidak aktif digunakan? Ya Anda pastilah jengkel dengan kondisi tersebut. Bahkan kadang-kadang berpikir apakah betarai sudah rusak atau aus walau Smartphone baru beli.

baterai smartphoneSoal paling utama biasanya karena aplikasi yang terinstall dalam smartphone Anda. Coba lagi cek satu per satu aplikasi-aplikasi yang terus berjalan walaupun kondisi diam.

Khusus untuk para pemakai Android, hal ini paling sering ditemukan. Juga untuk mereka yang pakai iOS atau Windows Phone, masalah baterai seringkali menjadi kekesalan tersendiri.

Umumnya aplikasi  menghidupkan bagian ponsel, misalnya prosesor, GPS, atau kamera ketika dinyalakan. Meskipun penggunaan aplikasi sudah selesai, namun para ahli menyatakan sifat aplikasi ini terus jalan. Ini beda dengan komputer atau laptop yang hanya hidup bila ada aliran listrik. Smartphone atau ponsel mencoba tetap aktif walau kita mengaktifkan "Hemat Daya". Banyak aplikasi pada smartphone yang justru tetap aktif walau smartphone kita lagi tidur.

Aplikasi yang kita download juga bukan satu-satunya penyebab  baterai smartphone cepat habis. Banyak sistem operasi yang  bersifat melemahkan perangkat keras itu. Ini adalah contoh beberapa jenis aplikasi  Android yang cepat menghabiskan baterai, seperti: Google Maps, Android backup,  power manager (aneh kan padahal aplikasi itu justru untuk menghemat daya  baterai). Jangan lupa Facebook juga bisa membuat baterai habis secara perlahan. Nah umumnya banyak pengguna tidak sadar kalau aplikasi tersebut bisa bikin baterai smartphone habis.

Apalah mematikan Wi-Fi, GPS, Bluetooth bisa menghemat baterai? Iya tapi tidak terlalu signifikan. Justru inti yang bikin baterai cepat habis adalah aplikasi yang tetap aktif kendati tidak digunakan di dalam perangkat tersebut. Banyaknya aplikasi mempengaruhi potensi penggunaan baterai.

Walau ada yang mengatakan live wallpaper dapat menguras tenaga baterai, tapi menurut para peneliti konon live wallpaper hanya makan 2 persen dari total keseluruhan energi baterai. Kesimpulannya, persepsi live wallpaper yang menghabiskan baterai tidak sepenuhnya benar.

Terakhir penggunaan brightness secara maksimal dan membiarkan LTE/3G data tetap aktif (contohnya tidak menutup aplikasi browser ketika sedang tidak digunakan), itu justru yang kerap bikin baterai Smartphone khususnya Android Anda cepat habis.

Artikel Terkait

2 komentar

yang menggunakan data internet emang bikin baterai cepet panas sih.

Gan mhn masukan, :
1. Aplikasi apa sj yg seharusnya nempel di smartphone, agar aplikasi tdk mubajir alias tdk terpakai??
Ane mau hapus aplikasi tapi takut malah phone tdk berfungsi...hehe
Tks Gan...


EmoticonEmoticon